Bagelen: Historia Para Intelektual dan Jenderal yang Dilupakan

List Price: $30.00

Add to Cart

Bagelen: Historia Para Intelektual dan Jenderal yang Dilupakan
 

Bagelen: Historia Para Intelektual dan Jenderal yang Dilupakan

Authored by Herdi Sahrasad dkk

Bagelen awal abad ke-20 adalah kawasan sosio-kultural pedesaan di Tanah Jawa bagian selatan yang memiliki arti dan tempat tersendiri, kalau pun tidak terlalu penting sekali, dalam sejarah Indonesia modern.

Tidak saja karena daerah itu dikenal sebagai basis kekuatan Pasukan Pangeran Diponegoro dalam perlawanannya terhadap Belanda, namun juga karena Bagelen pada masa kolonial melahirkan para intelektual, jenderal dan aktivis pro-kemerdekaan terbaik untuk berhadapan dengan kaum penjajah seperti WR Supratman yang mengarang lagu Indonesia Raya dan aktivis Sumpah Pemuda, Kasman Singodimedjo (PPKI), Boentaran Martoatmodjo (BPUPKI) dan Oerip Sumohardjo (nation, state and military builder). Juga ada Ahmad Yani, Pranoto Reksosamudra, Sarwo Edhie Wibowo, Driyarkara, Wilopo dan lainnya, yang menjadi pelaku historis atas state and nation building di negeri ini.

Bahkan, dari kawasan agraris di pedalaman Jawa ini, BJ Habibie pun lahir dari seorang ibu yang memiliki 'trah Bagelen', dimana kakek buyut Habibie sendiri, R Tjitrowardojo, adalah Dokter pertama Bagelen yang meraih pendidikan kedokterannya di Belanda.


Publication Date:
2015-10-19
ISBN/EAN13:
1518658318 / 9781518658310
Page Count:
318
Binding Type:
US Trade Paper
Trim Size:
6" x 9"
Language:
Indonesian
Color:
Black and White
Related Categories:
History / Asia / Southeast Asia




Site Help Order Help Policies Contact