Islam, Kuasa dan Negara

List Price: $30.00

Add to Cart

Islam, Kuasa dan Negara
 

Authored by Herdi Sahrasad

Sebagai ideologi, Islam berisi tatanan nilai yang oleh masyarakat dimanfaatkan sebagai pedoman menjalani kehidupan bersama. Tatanan nilai ini, meminjam diskursus akademisi David Easton dan David Apter, bisa berasal dari adat-istiadat dan bisa pula bersumber dari ajaran suatu agama. Atau, bisa juga merupakan gabungan keduanya.

Ideologi pada tataran ini muncul sebagai abstraksi atas kondisi hidup (realitas) yang berhubungan dengan kesadaran. Menurut pemikiran Karl Marx dan Engels, jalinan kedua hal ini bisa disambung sebagaimana diperlihatkan oleh ruling class dalam menerapkan ruling ideas-nya sehingga menjadi penengah antara civil society (masyarakat madani) dan state.

Dalam agama, sebagaimana dalam negara, tatanan sosial akan tercipta jika ada yang menghubungkan antara penggagas ide, pionir (rasul dalam konsep Islam), dan civil society sebagai pendamba perubahan yang lebih baik. Kehadiran Islam sebagai ideologi politik telah menampakkan dirinya sebagai kekuatan ampuh yang bisa menjadi landasan gerakan politik. Terutama yang pernah dialami bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Ideologi gerakan politik yang didasarkan pada agama Islam di kawasan ini mempunyai bentuk unik yang membedakannya dengan format ideologi Islam di Timur Tengah atau negara-negara Islam di wilayah lain.


Publication Date:
2017-01-20
ISBN/EAN13:
1542666201 / 9781542666206
Page Count:
430
Binding Type:
US Trade Paper
Trim Size:
6" x 9"
Language:
Indonesian
Color:
Black and White
Related Categories:
Social Science / Violence in Society




Site Help Order Help Policies Contact